Kamis, 02 April 2009

Bagaimana Belajar yang Baik?

Banyak dijumpai keluhan, bahwa ternyata belajar itu tidak mudah. Di tataran manusia yang sudah berhadapan berbagai ragam tuntutan kebutuhan sebagai konsekwensi logis dari perkembangnya peradaban, maka hanya kiatlah yang mampu menyiapkan diri untuk menapakkan kaki menelusuri titian hidup ke suatu harapan. Memang memilah diantara tuntutan kebutuhan yang harus diprioritaskan lebih dulu, tidaklah mudah. Namun dengan kiat yang didukung dengan tekad untuk konsisten dengan sikap yang akan diambil, adalah jalan terang menuju teraihnya tahapan sukses yang diharapkan.
Kemampuan konsentrasi seseorang rata-rata 45 menit; maka bila belajar aturlah sesuai kemampuan tersebut, selebih dari durasi waktu tersebut dapat untuk menyegarkan kondisi sesaat; kemudian untuk belajar lagi, dan seterusnya.
Pilih kondisi tertentu yang baik untuk belajar; waktu, ruangan, cara duduk, lampu penerangan, kelengkapan yang dibutuhkan. Disiplinkan diri untuk mentaati jadwal yang telah dirancang; jangan turuti keinginan-keinginan untuk kepuasan-kepuasan semu.
Bila memang dibutuhkan teman dalam belajar kelompok; pilihlah yang punya kiat belajar serius.
Ingatlah keteledoran dan kekurang-mampuan mengatur diri di hari ini, akan menghasilkan akumulasi beban di kemudian waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar